BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Nomer Antrian Anda

do you love me

Cari Artikel

Memuat...

Jumat, 24 Februari 2012

Kisah Di Balik Lagu "Nina Bobo"

 
 
 
Ada yg tau siapa 'Nina' di lagu Nina Bobo? Setelah googling hunting keliling2 akhirnya aku tau legenda 'Nina Bobo'. Dia perempuan Indo-Belanda, 1871-1878. Ceritanya..... 
Nama lengkapnya Helenina Mustika van Rodjnik. Lahir 1871. Ibunya Jawa, penari. Bapaknya Belanda, Kapten Van Rodjnik. Sejak Helenina masih bayi, ibunya memang selalu menidurkannya dengan sebuah melodi penenang... *legenda nina bobo*
 Kapten Van Rodjnik meminta istrinya untuk membuat lirik lagu penenang itu supaya Helenina dan Van Rodjnik bisa mengerti. Dan karena rumah mereka banyak nyamuk, jadilah lirik 'Nina Bobo' seperti yang sekarang kita tau.. *legenda nina bobo*
Kasihan, di tahun 1875, Helenina sakit demam tinggi yang bikin dia nangis setiap malam. Ibunya menyanyikan 'Nina Bobo' semalaman. Akhirnya, di suatu malam awal 1878, nyawa Helenina tidak bisa diselamatkan. Dia meninggal di usia 6 tahun. Dan keluarga Kapten Van Rodjnik pun berduka..
 Suatu malam, seminggu setelah Helenina dimakamkan, Kapten Van Rodjnik mendengar istrinya nyanyi lagu 'Nina Bobo' di kamar mandi. Suaranya menggema. Setelah ditanya kenapa oleh Kapten Van Rodjnik, istrinya bilang "Tadi saya dengar Nina nangis di sini. Jadi, saya nyanyi di sini.".... *legenda nina bobo*
 Karena sedih dan dihantui rasa kehilangan, bu Mustika / ibunya Helenina masih suka menyanyikan lagu 'Nina Bobo' sampai bertahun-tahun. Kemudian ibu Mustika meninggal di tahun 1929... *legenda nina bobo*
Kapten Van Rodjnik tinggal sendiri di rumah tua itu. Kadang ada suara bayi nangis malam2.Suatu malam, Kapten Van Rodjnik lelah sekali, dan tidur cepat. Ada suara bayi nangis, dan Kapten tidak nyanyi..Nina Bobo ..*legenda nina bobo*
Kapten Van Rodjnik akhirnya dibangunkan oleh tangan seorang gadis 6-7 tahun. "Papa, Papa ... kok Papa ngga nyanyi buat Nina?"*legenda nina bobo*
Buat jaga-jaga aja, mending sebelum tidur nyanyilah #NinaBobok sekali-dua kali. Kalau bisa di depan cermin kamar mandi.Si Nina itu sampai sekarang bentuknya ya masih Noni Belanda umur 6 tahun. Cuma mukanya aja yang nenek2.
 
 



0 comments:

Mari Berkomentar

Lencana Facebook