BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Nomer Antrian Anda

do you love me

Cari Artikel

Minggu, 18 Oktober 2009

laila majnun




Layla Majnun merupakan sebuah novel tentang roman cinta yang dianggap paling populer dan abadi. Bahkan, menurut beberapa sumber, cerita Romeo dan Juliet memperoleh ilham dari karya novel ini. Sudah tak terhitung lagi betapa banyak syair dibuat, lagu diciptakan, drama dan film dipentaskan, kajian dan diskusi digelar berdasar atas cerita Layla Majnun.
Novel ini ditulis oleh Syaikh Nizami seorang sastrawan dari Ganjavi, Azerbaijan pada tahun 1188 H. Kisah yang diambil merupakan perjalanan hidup dari Qays bin al Mulawwah dan Layla yang hidup antara tahun 50 H sampai dengan 65 atau 68 H (riwayat tidak menjelaskan secara eksplisit periode kehidupan Majnun dan Layla).

Alkisah, Qays bin al Mulawwah jatuh cinta kepada Layla, seorang gadis teman satu sekolahnya. Cinta Qays terhadap Layla tidak bertepuk sebelah tangan. Layla pun mencintai Qays. Sayangnya usia mereka yang masih belasan tahun menghalangi mereka berdua untuk memadu kasih. Hal ini menyebabkan keduanya sangat tersiksa bagai punguk merindukan bulan. Kerinduan Qays akan Layla seringkali membuatnya lupa diri. Syair-syair kerinduannya akan Layla diungkapkannya kepada siapa saja. Ia sering menyepi ke hutan dengan membawa perbekalan seadanya. Pakaiannya compang-camping dan tidak lagi memperdulikan keadaan sekitarnya. Akibatnya, orang-orang menggapnya hilang ingatan, dan memberinya julukan Majnun atau si gila.

Penulis : Syaikh Nizami
Penyadur : Sholeh Gisymar
Cetakan pertama : April 2002
Cetakan Duapuluhtujuh : Juli 2007
Penerbit : Navila Yogyakarta
Format buku : A5
Jumlah Hal : xvi dan 185 halaman

0 comments:

Mari Berkomentar

Lencana Facebook